Analisis Segmentasi Go-jek
Gojek
Gojek adalah perusahaan yang melayani ojek untuk siapa saja yang
membutuhkan secara online. Gojek bermitra kepada pengendara berpengalaman di
Jakarta, bandung, bali, dan Surabaya. Gojek juga melayani pengiriman barang,
pesan antar makanan, berbelanja, dan lain sebagainya.
Analisis STP Segmenting
- · Segmenting Demografi
Dalam segmenting ini gojek membagi pasar menjadi beberapa kelompok yaitu
segmentasi karyawan, masyarakat umum, dan mahasiswi/ pelajar.
- ·
Segmentasi geografi
Dalam hal segmentasi ini go-jek menentukan tempat beroperasi go-jek di
kawasan kota-kotabesar seperti Bandung, Jakarta Surabaya, dll.
- ·
Segmentasi status
social
Target sasaran pengguna go-jek yaitu masyarakat menengah atas sehingga.
Karena bila ojek biasa lebih ditunjukan bagi masyarakat menengah kebawah.
Go-jek dapat menjemput pelanggan di tempat serta menyediakan layanan-layanan
lain seperti mengirim barang, pesan antar makanan, berbelanja dan lain-lain,
sehingga memudahkan dalam memenuhi keutuhan masyarakat.
Analisis SWOT
- Strength
- 1. sebagai perusahaan
yang pertama mengembangkan transportasi online memiliki mitra driver dan mitra
setia yang lebih banyak dibandingkan dengan perusahaan lain
- 2. pemilihan yang
ditawarkan melalui akuntansi
- 3. banyaknya pengusaha
kuliner yang tertarik bergabung menjadi mitra sore
- 4. membuat layanan go
food dari gojek
- 5. bisnis model sangat
efisien
- 6. mudah untuk
diduplikasi di daerah lain
- 7. memberi layanan
lapangan pekerjaan
- weeknes
- 1. biaya yang
dikeluarkan untuk layanan gojek lebih mahal terutama untuk layanan go ride, go
car dan go send
- 2. pelanggan go food
harus bersedia menunggu lebih lama untuk memesan makanan yang disuka
- 3. masih sering adanya
order fiktif yang merugikan mitra driver go jek
- 4. pihak perusahaan
punya ketergantungan yang tinggi terhadap driver
- 5. proses bisnis tidak
dapat dimulai tanpa adanya akses internet
- opportunity
- 1. memperluas jaringan
kerja sama dengan lebih banyak rumah makan atau resto yang masih belum masuk
layanan go food
- 2. layanan go jek
lebih banyak dipergunakan oleh konsumen perorangan untuk meningkatkan layanan
konsumen dalam bentuk perusahaan khususnya untu go send, go car dan go box
- threat
- 1. ancaman timbul dari
perintah berupa peraturan dan penerbitan tariff online meskipun tidak
mempengaruhi layanan kepada konsumen
- 2. ancaman timbul dari
pesaing penyadia layanan online lainnya
- 3. ancaman untuk mitra
driver timbul dari penyedia jasa transportasi konfensional, angkutan kota,
taksi, ojek pangkalan yang tidak jarang melakukan penyerangan fisik atau verbal
Marketing Mix / 4p
- Produk
- 1. Go-Mart: merupakan layanan baru dari Go-jek untuk memberikan kemudahan berbelanja dari aplikasi ponsel
- 2. Go-Ride: merupakan layanan go-jek untuk mengantarkan konsumen kemana saja esuai alamat yang di tuju
- 3. Go-Food: merupakan salah satu fitur yang memberikan pelanggan kemudahan dalam layanan pesan antar makanan.
- 4. Go-Clean: merupakan jasa atau pelayanan bersih-bersih baik itu membersihkan rumah atau kantor.
- 5. Go-Glam: merupakan jasa atau layanan salon, yang memudahkan konsumen untuk melakukan perawatan kecantikan.
- 6. Go-Sen: merupakan layanan pengiriman barang layaknya JNE tapi pengiriman lebih cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama.
- 7. Go-Busway: merupakan layanan untuk membantu para calon penumpang busway transjakarta dalam mencari halte-halte bus dab rute.
- 8. Go-Box: merupakan
layanan memesan moil pickup, mobil box, truk engkel dan truk engkel box.
- Price
- 1. Go-Ride khusus
untuk wilayah Jakarta,diluar jam sibuk Rp. 1.500 per kilometer dengan tarif
minimum Rp. 12.000 sedangkan tarif jam
sibuk Rp. 2.000 per kilometer dengan tariff minimum Rp. 15.000
- 2. Go-Food restoran
yang tidak bermitra dengan Go-jek tariff pengantaran menjadi Rp. 15000
sedangkan untuk restoran yang menjalin kerja sama dengan Go-jek dengan tariff
pengantaran Rp. 5000.
- Promotion
Kegiatan promosi yang dilakukan oleh Go-jek sangat banyak mulai dari
digital hingga produk placement di video klip, selain kegiatan promosi untuk
brand, Go-jek sering melakukan kegiatan promosi untuk app usage bagi para
penggunannya, yang sering dilakukan adalah dengan cara memberikan voucer atau
promo terbatas untuk penggunanya.
- Place
Dari segi Place Go-jek berada hamper dalam setiap aspek masyarakat
Indonesia saat ini. Brand ini hamper dimana saja contohnya: di smartphone, TV,
spanduk, reklame, stasiun MRT bahkan di merchant-merchant.
Komentar
Posting Komentar